Selasa 11092012 0840-0950

Pembelajaran kepada setiap anak didik bahwa ketika kita tidak mengikuti aturan yang ada, di mana saja dan kapan saja, yang sangat mungkin terjadi adalah ‘kecelakaan’.

Ada anak yang menangis, ternyata akibat dari terkena lemparan barang oleh temannya (saling lempar) pada waktu mengerjakan tugas di kelas. Hal yang seharusnya tidak terjadi ini merupakan salah satu contoh kecil dari kecelakaan yang diakibatkan tidak taatnya pada aturan. Ada banyak contoh yang lain.

Setelah diberikan penjelasan tentang hal tersebut secara klasikal dan kedua anak yang terkait diberi kepercayaan untuk menyelesaikan permasalahannya secara mandiri di luar kelas. Diberikan kebebasan kepada keduanya – karena keduanya sudah memahami mana yang baik mana yang tidak -menyelesaikan dengan caranya sendiri (dalam pengantar yang disampaikan “Silahkan diselesaikan berdua di luar kelas, silahkan kalau mau pukul-pukulan, mau banting-bantingan, mau lempar-lemparan atau mau saling memaafkan. Silahkan dirunding berdua Setelah keduanya keluar dan tak berapa lama masuk kembali ke dalam kelas, Alhamdulillah ketegangan yang sebelumya ada diantara kedua anak tersebut menjadi cair, bisa saling memaafkan. Salng bersalaman disaksikan semua temannya.


belajar, belajar, belajar, ... ikhlas, cerdas, tuntas, berkualitas dengan optimalkan apa yang ada 'tuk kemanfaatan bersama

Advertisement

No comments.

Leave a Reply